Membingkai Ulang Mengubah Makna

Mengubah makna seseorang terhadap suatu peristiwa, dapat mengubah persepsi. Dampaknya bisa mengubah emosi, sehingga secara tampilan fisik ikut berubah. Betul sekali, perkembangan ilmu pengetahuan membuktikan hanya dengan mengubah pola kalimat, sel-sel saraf kita bekerja mengikuti efek dari pola itu, sehingga perubahan hormonal terjadi.
Membingkai ulang peristiwa merupakan salah satu cara untuk mengubah pikiran seseorang. Fakta ini menunjukkan perspektif baru yang sebelumnya tidak terpikir oleh mereka. Kuncinya adalah setuju dengan pendapat mereka lalu kita membantu mereka melihatnya dari sudut pandang berbeda. Ibarat saat kita melakukan edit foto di hp kita, konten foto yang sama “terasa” berbeda ketika kita mengubahnya.
Respon yang dimaknai dapat sebagai pelengkap dari solusi yang sudah ada, bahkan bisa menemukan solusi yang berbeda sama sekali.
Suatu ketika, saat sedang praktek, teman sejawat melirik ke arah layar CCTV yang sedang memperlihatlan seorang pasien anak masuk dengan ibunya dengan posisi anak diseret-seret ibunya. Mendadak sejawatku berujar, “Waduh bakal lama ini ngerayunya”. Sebagai drg  plus plus sayapun melakukan reframing, “Elo pernah kecil, dan punya ilmu berbeda dengan ibunya”.
Di lain kesempatan seorang pasien berkeluhan, “Lelah ini macet, mana ke dokter gigi takut buat tambah lelah”. Sebagai drg plus-plus menjawab, “Nah ini dia, saat yang tepat beristirahat saat kursi dental di tidurkan, atur nafas tuk masuk dalam istirahatmu ya…”.
Suatu ketika anak saya mau tampil ke pentas dan dia mendapatkan jatah baju warna ungu. Komentar ketidaksenangannya pertama kali adalah,” Kok Ungu siy?”. Jawabku, “Betul, ungu memang warna yang tidak umum untuk saat ini. Inilah yang akan membuat anak cantik ibu, nampak unik dibanding orang lain saat memakainya”.
Mudah bukan?
Apa yang terjadi bila kita tidak tepat melakukan komentar alias salah reframing. Apa yang akan dialami oleh otak kita?  Teknik reframing ini adalah salah satu Taktik Memotivasi Tanpa Penolakan.

Salam plus plus 😀

0 Comments

Add Your Comment: