Sekilas sejarah dan Definisi

Manusia adalah mahluk yang unik dikarenakan dari cara kerja Otaknya. Otak menjadi bahan penelitian yang tidak ada habis-habisnya, kaum akademisi berkutat untuk menjelaskan berbagai misteri, apa saja yang bisa dilakukan oleh sebongkah Otak ini. Salah satu yang menjadi bahasannya tentang Kekuatan pikiran. Pikiran inilah yang membedakan antar Manusia dengan mahluk Tuhan lainnya.

Manusia diberi kebebasan berpikir, memilih, menentukan dan bertindak. Konon Malaikat dan Jin tidak diberi kemampuan memilih ini, mereka hanya punya 1 jalan pikiran, berbuat baik atau berbuat jahat.

Manusia dinilai ruwet karena pikirannya, menjadi tenang juga karena pikirannya. Memilih adalah salah satu Proses berpikir yang menjadi sangat penting, saking pentingnya sampai-sampai (dalam ajaran Islam) Tuhan menurunkan set-panduan, bimbingan untuk menentukan pilihan, yaitu dengan Sholat Pilihan (Istikharah). Proses ini, walau mungkin kontroversi bisa saya sebut sebagai bentuk lain dari proses hypnosis.

Definisi dan Macam Pemahaman Hypnosis

  • Hypnosis adalah proses pemusatan pikiran.
  • Hypnosis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar sehingga mudah untuk menerima sugesti.
  • Hypnosis adalah fenomena mirip tidur sehingga berkurangnya pikiran sadar untuk proses analisa, didominasi oleh pikiran bawah sadar sehingga sangat reseptif terhadap sugesti.
  • Hypnosis adalah set protokol untuk menembus pikiran sadar, bisa dilakukan dengan mata terpejam mirip tidur ataupun dengan mata terbuka.

 

Pada awalnya, hypnosis dilakukan dengan cara mirip tidur dan si Hypnotist memegang kendali terapy. Kemudian berkembang menjadi kajian akademis, walau masih memakai cara mirip tidur, bahwa sebenarnya si klien lah yang memegang kendali atas keberhasilan hypnosis tersebut.

 

Pada tahun 70an, kajian hypnosis diperdalam dan diperbaharui. Hypnosis menjadi bagian dari ilmu psikologi terapan dan ilmu komunikasi.  Dan bisa berjalan dengan sangat efektif walau dengan mata terbuka sadar. Lahirlah yang kita sebut NLP (Neuro-Linguistic Programming). Ilmu ini menjelaskan bagaimana kita menduplikasi suatu keberhasilan, faktor apa saja menjadi perhatian sehingga mudah diterapkan.

 

0 Comments

Add Your Comment: